Analisis Poster Video Klip Lathi

Poster Lathi memiliki unsur unsur yang coba dikemukakan melalui poster tersebut secara verbal ataupun non verbal yaitu melalui unsur seperti simbol simbol yang dipakai. 

Analisis Poster Lathi 

- Lathi adalah bahasa jawa kuno diartikan bisa berarti tutur kata ucapan/Cara berbicara ada juga yang mengartikan Lathi adalah lidah.

- Asap Putih melambangkan keadaan yang tulus.

- Asap Hitam memberikan kesan kejahatan dan kematian.

- Sisi wajah seorang wanita yang telah dikecawakan dan menggambarkan kemarahan karena sakit hati akan cinta.

- Sisi wajah seorang wanita yang terkesan lugu berharap dapat menjalin cinta dan mendatangkan kebahagiaan.

- Rantai di leher diartikan sebagai jeratan cinta yang membelenggu wanita lugu.

- Potret dari personil yang telah membuat karya Lathi dikenal dengan grup Weird Genius.


Kesimpulan Analisis dari karya poster Lathi ini menggunakan analisis teori Ferdinand de Saussure, dan akhirnya dapat disimpulkan bahwa pesan atau makna yang akan disampaikan dalam bentuk gagasan dalam poster ini mengenai toxic relationship yang terjadi dalam hubungan cinta, dimana pihak tertentu merasa tersakiti. Seharusnya perasaan cinta membawa suatu kebahagiaan, tetapi yang ada justru rasa tersiksa. Yang akhirnya merubah seseorang dari pribadi yang lugu menjadi pribadi yang tidak punya perasaan. Kata cinta yang dibisikan sehingga merubah seorang wanita lugu menjadi seperti iblis yang penuh dendam, di sini yang saya lihat pesan yang dalam itu tersirat, bahwa seorang wanita itu dapat dibelenggu hatinya hanya dengan kata-kata, walaupun kata-kata yang disampaikan tidak mencerminkan harapan dari hati wanita tersebut, sakit hati mampu merubah karakter lugu yang terbelenggu menjadi seseorang yang kuat utuk membalas sakit hati yang telah diterima. Satu hal yang ditonjolkan melalui headline Lathi yang berarti lidah, mengambil dari pepatah Jawa, tidak ada manusia yang bisa lari dari kesalahan, karena kesalahan itu butuh pertanggungjawaban untuk di perbaiki, harga diri Seseorang itu terletak di lidahnya (perkataannya).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MITOS DAN PENGALAMAN ESTETIS TERKAIT LAGU KOTA - DERE

Mitos, Metafora, dan Metomini dalam film Puss In Boots (2011)

ANALISIS POSTER PUSS IN BOOTS THE LAST WISHES: KAJIAN SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE